Selasa, 22 Februari 2011

“Untuk apa memilih ID webhost”

Jika anda pelaku bisnis online atau sekedar penggemar internet yang ingin membeli hosting untuk website dan blog anda, mungkin beberapa hal dibawah ini bisa menjadi pertimbangan anda sebelum menentukan pilihan pada penyedia hosting mana yang akan anda gunakan.

  1. Jaminan Kelangsungan dan reputasi perusahaan
    Banyak penyedia layanan webhosting yang bertebaran dan mungkin menjanjikan layanan yang “terbaik”, tapi tidak jelas kantornya dimana dan seberapa jauh pengalaman dalam mengelola servernya juga tidak diketahui. Kenapa ini menjadi hal yang sangat penting karena bisa jadi penyedia layanan hosting anda hanyalah reseller (mungkin bisa di bilang agen). ketika telah menjatuhkan pilihan maka secara otomatis urusan teknis penting akan sepenuhnya akan anda percayakan pada penyedia layanan tersebut, dan seorang reseller tentu memiliki batasan dalam pengaturan atau troubleshooting dimana mereka harus menunggu konfirmasi dari server pusat mereka. Yang paling dekat mungkin ketika anda punya masalah atau akan memperpanjang hosting anda, namun ternyata sang penyedia menghilang entah kemana. Anda tentu akan kesulitan karena tidak tau harus mencari kemana.
    Tips :
    •    Pilih yang alamat e-mail, telpon, dan kantor yang jelas tentunya. (saya tidak mengatakan bahwa yang tak berkantor tidak dapat di percaya, ini hanya untuk memastikan saja)
    •    pelanggan yang jadi clientnya adalah perusahaan – perusahaan besar, atau minimal dia sudah punya banyak client.
    •    Punya alamat domain sendiri seperti idwebhost.com dll.
  2. Layanan yang di berikan
    Sangat penting untuk memperhatikan layanan atau costumer support yang disediakan oleh penyedia hosting anda. Kenapa ini penting, coba bayangkan ketika anda orang yang sangat sibuk dan punya waktu yang sangat terbatas, pada saat anda menyediakan waktu untuk mengedit website anda dan hosting anda tiba-tiba mengalami trouble, yang pertama anda akan lakukan adalah ingin mengkonfirmasi dan mengetahui kenapa terjadi, sampai kapan, dan bagaimana mengatasi. Nah bila penyedia layanan tidak menyediakan kontak yang bisa dihubungi, atau punya kontak tapi hanya online pada waktu siang saja. Padahal internet adalah sesuatu yang realtime. Jika layanannya real time, anda tentu juga butuh berkonsultasi kapan saja jika anda mengalami masalah.
    Tips :
    •     Periksa di website penyedia hosting apakah menyediakan layanan 24 jam atau tidak
  3. Server yang di sediakan
    Kelancaran akses menjadi satu hal yang mutlak bagi pengguna hosting. Kita tentu tidak mau jika pengunjung web kita pada lari dan beralih ke web lain hanya karena web kita sering error gara-gara hosting yang tidak mumpuni. Bahkan bisa saja kita mengacak-acak script web kita karena mengira kegagalan dari internal script web, padahal sebenarnya hosting yang mati, down, atau overload. Atas pertimbangan diatas makan kualitas server menjadi hal yang wajib di penuhi.
    Tips :
    •    Lihat di website penyedia hosting jenis server yang digunakan atau bertanya via chat atau langsung bertemu dengan sang penyedia web hosting.
    •    Tanyakan pada orang yang pernah menggunakan layanan hosting tersebut apakah sering down dan error atau tidak.
  4. Kelengkapan fitur dan fasilitas
    Fitur dan fasilitas juga tidak kalah pentingnya dengan elemen lainnya. Kenyamanan anda dalam mengelola website anda di tentukan oleh fasilitas dan fitur yang disediakan oleh penyedia layanan hosting anda. Bayangkan misal dalam perjalanan pengembangan website anda tiba-tiba sang penyedia membatasi anda untuk menambah space atau bandwith, karena ternyata penyedia layanan hosting anda tidak mampu menyediakannya. Tentu itu akan merepotkan anda sendiri.
    Tips :
    a.    Teliti baik-baik masalah Bandwith, traffic, database, dan space. 
    b.    Pastikan fitur yang anda butuhkan di support penyedia hosting anda. Misalnya anda ingin menginstal moodle yang mensyaratkan fantastico, tapi hosting anda tidak mendukung layanan tersebut, maka akibatnya anda tentu sudah tahu sendiri.
    c.    Pastikan fasilitas penting seperti keamanan dan backup data dapat dijamin.
    d.    Pastikan penyedia layanan hosting anda selalu update teknologi. Hal ini penting supaya web anda juga mengikuti perkembangan teknologi sehingga bisa berkompetisi.
    e.    Pastikan anda memiliki hak penuh atas apa yang anda beli (hosting atau domain). Sehingga akan memudahkan dalam pengaturan atau jika anda ingin berpindah ke peneyedia layanan yang lain.
  5. Harga

ini adalah hal yang paling sering di pertimbangkan sebelum membeli domain atau hosting. bahkan kadang-kadang orang terjerumus, tertipu, dan terpesona oleh penyedia web hosting yang tidak jelas hanya karena harga sehingga melupakasan aspek kualitas dan keterjaminan yang tidak kalah pentingnya demi kelangsungan website yang anda miliki. Kata yang pas mungkin adalah “Pilih yang murah asal jangan murahan”.

Tips :

• perhatikan harga yang murah, tapi jangan lengah dan terkecoh untuk tetap memperhatikan sesuatunya menyangkut yang akan diberikan penyedia layanan dengan harga murah tersebut.

Ulasan diatas sebenarnya sangat tepat untuk menggambarkan salah satu penyedia layanan web hosting di Indonesia yaitu idwebhost yang sudah berpengalaman dan punya reputasi yang tinggi sebagai penyedia layanan web hosting indonesia.
Apakah idwebhost adalah penyedia tanpa cacat. Sulit untuk di gambarkan karena kekurangan untuk satu orang, belum tentu orang yang lain menganggap itu sebagai suatu yang cacat. Tapi ada satu kritik bagi saya terhadap idwebhost, yaitu perpanjangan hosting mensyaratkan biaya 2 x lipat jika anda terlambat memperpanjang. Padahal kadang-kadang ada waktu dimana kita benar-benar terdesak ( mungkin mahasiswa seperti saya yang sering kena kantor kering he..he..he..). Tapi itu mungkin juga sebagai penyemangat supaya disiplin dan tidak telat dalam memperpanjang domain/hosting.

Kembali ke pertanyaan untuk apa memilih Idwebhost? Jika anda adalah netter baik itu pemula terlebih yang profesional, maka untuk itulah anda layak memilh idwebhost sebagai mitra anda yang tentunya dapat mengimbangi keprofesionalan dalam mengelola website dengan fasilitas dan layanan yang berkualitas dan pasti memuaskan. Dengan mempertimbangkan kekurangan dan kelebihannya, idwebhost pantas menjadi pilihan anda.
Referensi :
•    idwebhost.com
•    http://blog.idwebhost.com

Artikel Terkait:

0 komentar: